Friday, November 17, 2017

Membuat Transaksi Modul CRM

Assalamualaikum…

Selamat malam semuanya ..
Pada kesempatan hari ini saya ingin menjelaskan transaksi mengenai Modul CRM



SKENARIO TRANSAKSI MODUL CRM 


a. Tema transaksi

        Transaksi CRM ini menggunakan menu Dashboard Sales (Customer, my pipeline, next activities). Serta pada akhir akan dibuat quotation pemesanan (Sales Order).

b. Alur Transaksi

Transaksi ini menggunakan menu Dashboard Sales (Customer, my pipeline, next activities) dimana terdapat pengimputan data calon pelanggan, kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mendapatkan pelanggan baik berupa call, email maupun meeting dengan pelanggan.

Transaksi ini berlangsung pada Odoo 10.0 pada server Localhost:8069/web




Pada saat pembuatan ini, company belum terbentuk sehingga proses pertama dimulai dengan mendaftarkan company pada Odoo 10.0



Pilih menu setting dan kemudian companies. Lalu klik pada bagian my company dan edit. Isi sesuai dengan data company.


Setelah itu, install modul CRM dan Sales. Kemudian proses transaksi modul CRM dimulai

1. CRM PT Flamingo mengisi data pelanggan pada menu customer, kemudian create (untuk pelanggan baru)



data diisi lengkap mulai dari nama perusahaan, alamat, kontak personal perusahaan.
Pada kondisi pemesanan ini, customer dari PT ORCHAD ingin melakukan kerjasama dan melakukan pembelian Komputer Toshiba . 



2. Pilih menu My pipeline, lalu pilih create. Buat opportunities dari pemesanan customer kemudian isi data sesuai dengan pesanan pelanggan.


3. Buka opportunities yang telah dibuat



 4. Pilih Log an activity, kemudian isi kegiatan yang akan dilakukan dengan calon pelanggan. Kemudian klik Log & Schedule Next.




5. Klik menu meeting untuk mensetting kapan akan meeting sebagai reminder.
  lalu klik pada tanggal dan create (Disini akan dilakukan meeting pada tanggal 17 november 2017) 

Jika sudah waktu pengingat muncul, makan akan ada notif seperti gambar dibawah




7. Setelah negoisasi dengan pelanggan selesai dan berhasil ingin membeli, klik mark won . Tetapi jika gagal klik mark lost. (Disini pelanggan berhasil ingin membeli)


Setelah berhasil, CRM officer (sales) akan membuat quatation pada menu quatation dan klik create. Setelah itu isi produk dan pelanggan.

 

Berikut tampilan quatation


Setelah pembuatan selesai, lalu klik Confirm Sale.. Quatation selesai dibuat




 Terima kasih

Semoga bermanfaat... 



No comments:

Post a Comment