A. Restore Database
Sebagai Admin, hal pertama yang perlu dilakukan di odoo adalah menyiapkan database untuk dipergunakan oleh department yang lain
Sebelumnya, mohon dipastikan bahwa database untuk restore telah ada dan berformat .zip
Untuk restore kali ini sylvester akan menggunakan file hotel-10.0.1.0.zip
Dengan size kurang lebih 1.1 Mb
Berikut adalah langkah-langkah untuk merestore database:
- Setelah odoo terinstall, silahkan browse ke http://localhost:8069/web/database/manager#action=database_manager
- Kemudian klik restore database dan akan muncul tampilan seperti ini
3. Kemudian pilih file yang akan direstore lalu masukan nama database lalu
klik continue
4. Jika berhasil database akan langsung muncul pada tampilan awal
B. Create User
1 1. Setelah login, klik di tab “setting”
2. Di menu sebelah kiri, cari dan klik “Users”
3. Untuk menambahkan user baru klik “create” di area kiri atas
4. Isi dengan data user sesuai kebutuhan, lalu klik save
4. Buat password dengan cara klik action pada kolom kanan atas kemudian pilih change password
5. Isi password yang diinginkan pada kolom new password kemudian klik
change password
\
C. Install Local Modul yang telah tersedia sebelumnya
Hal ini perlu dilakukan untuk menyediakan modul yang akan digunakan oleh department lain yang belum terinstall secara default oleh odoo. Merefer ke business process perusahaan di postingan ini, saya akan memberikan contoh menginstall modul Point of Sales ( POS )
Berikut adalah langkah-langkah nya :
1 1. Sama seperti membuat Username, pertama-tama kita buka menu setting yaitu setelah login, klik di tab “setting”
2. Di menu kiri klik “Local Modules”, pada layar berikutnya, jika ada tulisan “Apps” di kolom search, silahkan di remove dengan mengklik “x”
3. Setelah kolom search kosong, kita lanjutkan dengan mengetik nama modul yang kita ingin install, dalam hal ini module “point of sales”, maka kita cukup mengetik “point” untuk mendapatkan modul-modul yang berhubungan dengan point of sales
4. Klik tombol “install” di modul yang kita inginkan dan selesai
Modul yang kita install akan muncul di tab-tab sejajar dengan tab “setting”
D. Install Modul dari odoo.com/ap
Berikut adalah langkah-langkah instalasi nya :
1. Hasil download modul dari odoo.com biasanya berbentuk .zip
2. Extract hasil downlad tersebut dan save ke C:/Program Files/odoo/addons , jika folder ini sebelumnya tidak ada maka dapat di create.
3. Di odoo, login dan klik menu “setting”
4. Di menu kiri, klik “update module list”
5. Kemudian klik “update”
6. Silahkan ditunggu, update ini biasanya memakan waktu beberapa menit, setelah update selesai, silahkan klik “local modules” kemudian search menggunakan cara di postingan sebelumnya.
7. Voila! Modul yang telah kita download siap untuk di install
Demikian share sylvester mengenai transaksi apa saja yang berhubungan atau dikerjakan oleh modul 2 (Admin IT/ Setting), semoga bermanfaat
God Bless You all
No comments:
Post a Comment